SEMBILAN PRINSIP PENILAIAN

  1. Sahih       : didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur
  2. Obyektif : didasarkan pada prosedurdan kriteria yang jelas
  3. Adil          : tidak menguntungkan dan merugikan peserta didik karena perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat
  4. Terpadu :  oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
  5. Terbuka    : prosedur, kriteria penilaian, dan pengambilan keputusan dapat diketahui pihak yang berkepentingan
  6. Menyeluruh  danberkesinambungan : penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantaui perkembangan kemampuan peserta didik
  7. Sistematis : dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah tertentu
  8. Beracuan kriteria : didaasrkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetakan
  9. Akuntabel : dapat dipertanggungjawabkan dari segi teknik, prosedur, dan hasil  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan SBdP kelas 3 SD KD 3.4 Mengenal prosedur teknik potong, lipat, dan sam bung

DOA BAPA KAMI, SALAM MARIA, KEMULIAAN, TERPUJILAH BAHASA JAWA

Doa Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan, dan Terpujilah dlm Bhs. Mandarin