SEMBILAN PRINSIP PENILAIAN

  1. Sahih       : didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur
  2. Obyektif : didasarkan pada prosedurdan kriteria yang jelas
  3. Adil          : tidak menguntungkan dan merugikan peserta didik karena perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat
  4. Terpadu :  oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
  5. Terbuka    : prosedur, kriteria penilaian, dan pengambilan keputusan dapat diketahui pihak yang berkepentingan
  6. Menyeluruh  danberkesinambungan : penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantaui perkembangan kemampuan peserta didik
  7. Sistematis : dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah tertentu
  8. Beracuan kriteria : didaasrkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetakan
  9. Akuntabel : dapat dipertanggungjawabkan dari segi teknik, prosedur, dan hasil  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan, dan Terpujilah dlm Bhs. Mandarin

DOA BAPA KAMI, SALAM MARIA, KEMULIAAN, TERPUJILAH BAHASA JAWA

Catatan SBdP kelas 3 SD KD 3.4 Mengenal prosedur teknik potong, lipat, dan sam bung