DELAPAN PRINSIP PENGEMBANGAN SILABUS

1. ilmiah
   Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi  muatan dalam silabus harus benar dan dapat       dipertanggungjawabkan secara keilmuan


2. relevan
    Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajianmateri dalam silabus harus disesuaikan     dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, daan spiritual peserta didik

 3. sitematis
     Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi SK dan   KD

 4. konsisten
     Adanya hubungan yang konsisten ( ajeg, taat asas )antaara KD, indikator, materi pembelajaran,  kegiatan pembelajaran, sumber belajar, teknik dan instrumen penilaian

 5. memadai
     Cakupan indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar,dan sistem penilaian untuk menunjang pencapaian KD

 6. aktual dan kontektual
    Cakupan indikator, materi pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem  penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata

 7. fleksibel
     Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasikan keragaman peserta didik, pendidik, serta         dinamika perubahanyang terjadi di sekolah, dan kebutuhan masyarakat

 8. menyeluruh
    Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi ( kognitif, afektif, dan psikomotor)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan SBdP kelas 3 SD KD 3.4 Mengenal prosedur teknik potong, lipat, dan sam bung

DOA BAPA KAMI, SALAM MARIA, KEMULIAAN, TERPUJILAH BAHASA JAWA

Doa Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan, dan Terpujilah dlm Bhs. Mandarin