ULANGAN BAHASA INDONESIA KELAS 3



  ULANGAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 KE-7 SEMESTER II 

Tanda tangan
Guru
Nilai
Tanda tangan
Orang Tua



Hari/Tanggal : ____________   Nama      : ______________
                                                   Kelas/No : ______/_____





Badu      : “Aku juga selalu menonton berita dengan orangtuaku. Kadang-kadang ayahku. Kadang-kadang dengan ibuku.”   
Didi        : “Kata Ibuku, berita tentang bencana dapat menjadi pelajaran berharga untuk kita. Kita bisa belajar
                   Untuk peduli kepada saudara kita yang tertimpa bencana.”
Badu      :  “Selain itu, kita juga bisa belajar untuk menjaga lingkungan dengan lebih baik. Kita juga bisa belajar untuk lebih waspada terhadap bencana.”

1.      Menonton berita  tentang bencana dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita. Sebutkan tiga kalimat yang menunjukkan manfaat menonton berita tentang bencana alam !
a.    _____________________________________________________________
b.     ____________________________________________________________
c.       ____________________________________________________________
2.      Mendengar berita tentang bencana alam hati kita merasa _____________________
3.      Tilly berjalan-jalan ____ pantai. Kata depan yang benar adalah ______________
·       Bacaan untuk soal nomor 4 – 8.
Teman-teman yang mengalami bencana harus diberi pertolongan. Ketakutan itu dapat terus menghantui hingga mereka dewasa. Beberapa lembaga bantuan membuat program pemulihan dampak bencana pada anak-anak. Biasanya program yang digunakan adalah program bermain. Teman yang mengalami bencana diajak untuk melakukan berbagai aktivitas. Mereka diajak main bola, main pazel dan lego, menggambar, membuat puisi, dan mendengarkan dongeng. Mereka juga dibimbing untuk mengungkapkan kesedihannya. Semua aktivitas itu bertujuan untuk menghilangkan trauma. Semua aktivitas itu dapat mengalihkan perhatian mereka dari bencana yang baru dialami.
 
                     
 
4.      Sebutkan dua tujuan aktivitas yang dilakukan bagi anak-abak korban bencana alam !
a.      ____________________________________________________________________________
b.      _______________________________________________________________
5.      Sebutkan enam aktivitas yang dilakukan bagi anak-anak korban bencana alam !
a.      ____________________________________________
b.      ____________________________________________
c.      _____________________________________________
d.      _____________________________________________
e.      _____________________________________________
f.       _______________________________________________
6.      Beberapa lembaga bantuan membuat program ______________________ dampak bencana pada anak-anak.
7.      Teman-teman yang mengalami bencana harus diberi __________________________________.
8.      Bagi anak-anak, program yang digunakan adalah program ____________________________________
·       
Tak bisa kubayangkan
Bagaimana kau tinggal di tenda
Tempat tidur seadanya
Makan harus antre
Mandipun antre
Apakah kamu bisa belajar ?
Kawan .......
Semoga Tuhan memberimu kekuatan
Untuk menghadapi semua cobaan




Puisi ini untuk soal nomor 9 dan 10.


 9.      Puisi di atas menceritakan tentang _________________________________________________
10.   Yang diharapkan penulis dalam doanya adalah __________________________________________________
________________________________________________________________________________________
11.   Pertanyaan     : ________________________________________________________________________
Jawaban          : Falah melihat ayahnya bermain ompak di pantai.
12.   keras – terkejut – mereka – suara – mudah –mendengar
Susunan kalimat dari kata-kata acak di atas adalah ________________________________________________
13.   Tilly melihat air laut bergelembung mirip minyak yang panas di penggorengan. Tilly mengetahui kalau itu adalah salah satu gejala _______________________________________ .
·       
Didi        : “Halo, selamat sore. Bisa bicara dengan Badu ?”
Badu      : “Selamat sore. Iya, aku Badu. Didi, ya?”
Didi        : “Iya, benar. Ini Didi.”
Badu      : “Ada apa, Di?”
Didi        : “Kamu lihat berita banjir di Bale Endah tidak ? Ada temanku yang rumahnya kebanjiran di sana.”
Badu      : “O, iya, aku melihatnya di televisi. Kasihan sekali temanmu itu.”
Didi        : “Sekarang dia dan teman-temannya sedang kesulitan. Bagaimana kalau kita mengumpulkan ban-
                   tuan untuk membantunya ?”
Badu      : “Setuju, Di. Aku bisa mengumpulkan baju-baju layak pakai.”
Didi        : “Aku juga bisa mengumpulkan mi instan. Tini akan membantu mengumpulkan mainan dan buku.”
Badu      : “Iya. Teman-teman kita lainnya pasti mau membantu juga.”
Didi        : “Kita bicarakan lagi besok do sekolah, ya. Sudah dulu ya, Badu.”
Badu      : “Sampai bertemu besok, Di !”


Percakapan berikut untuk soal nomor 14 – 19.



14.   Dalam percakapan di atas, yang dibicarakan tentang korban bencana ________________________________.
15.   Bantuan apa saja yang akan mereka kumpulkan ?
a.____________________________________________________________
b. ___________________________________________________________
c. ___________________________________________________________
16. Kapan Didi dan Badu telepon ? _____________________________________________       
17. Siapa yang menelpon dulu ? _____________________________________
18. Bagaimana tanggapanmu terhadap rencana Didi dan Badu ? ____________________________________________________________________
   
19. ada apa di tanya badu
      Tulislah kembali kalimat di atas dengan menambahkan huruf kapital dan tanda baca yang tepat !
   _______________________________________________________________________________
20. Buatlah kalimat dengan kata bencana !
      ______________________________________________________________________________________


***** Selamat mengerjakan dan telitilah sebelum dikumpulkan *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan, dan Terpujilah dlm Bhs. Mandarin

DOA BAPA KAMI, SALAM MARIA, KEMULIAAN, TERPUJILAH BAHASA JAWA

Catatan SBdP kelas 3 SD KD 3.4 Mengenal prosedur teknik potong, lipat, dan sam bung