ULANGAN
BAHASA INDONESIA KELAS 3 KE-7 SEMESTER II
Tanda tangan
Guru
|
Nilai
|
Tanda tangan
Orang Tua
|
|
|
|
Hari/Tanggal : ____________ Nama : ______________
Kelas/No
: ______/_____
Badu : “Aku juga
selalu menonton berita dengan orangtuaku. Kadang-kadang ayahku. Kadang-kadang
dengan ibuku.”
Didi : “Kata
Ibuku, berita tentang bencana dapat menjadi pelajaran berharga untuk kita. Kita
bisa belajar
Untuk peduli kepada saudara kita yang tertimpa
bencana.”
Badu : “Selain itu, kita juga bisa belajar untuk
menjaga lingkungan dengan lebih baik. Kita juga bisa belajar untuk lebih
waspada terhadap bencana.”
1.
Menonton berita
tentang bencana dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita. Sebutkan
tiga kalimat yang menunjukkan manfaat menonton berita tentang bencana alam !
a. _____________________________________________________________
b. ____________________________________________________________
c. ____________________________________________________________
2.
Mendengar berita tentang bencana alam hati kita
merasa _____________________
3.
Tilly berjalan-jalan ____ pantai. Kata depan
yang benar adalah ______________
·
Bacaan untuk soal nomor 4 – 8.
Teman-teman yang mengalami bencana
harus diberi pertolongan. Ketakutan itu dapat terus menghantui hingga
mereka dewasa. Beberapa lembaga bantuan membuat program pemulihan dampak bencana
pada anak-anak. Biasanya program yang digunakan adalah program bermain.
Teman yang mengalami bencana diajak untuk melakukan berbagai aktivitas.
Mereka diajak main bola, main pazel dan lego, menggambar, membuat puisi,
dan mendengarkan dongeng. Mereka juga dibimbing untuk mengungkapkan
kesedihannya. Semua aktivitas itu bertujuan untuk menghilangkan trauma.
Semua aktivitas itu dapat mengalihkan perhatian mereka dari bencana yang
baru dialami.
|
4.
Sebutkan dua tujuan aktivitas yang dilakukan
bagi anak-abak korban bencana alam !
a.
____________________________________________________________________________
b. _______________________________________________________________
5.
Sebutkan enam aktivitas yang dilakukan bagi
anak-anak korban bencana alam !
a.
____________________________________________
b.
____________________________________________
c.
_____________________________________________
d.
_____________________________________________
e.
_____________________________________________
f. _______________________________________________
6. Beberapa
lembaga bantuan membuat program ______________________ dampak bencana pada
anak-anak.
7.
Teman-teman yang mengalami bencana harus diberi
__________________________________.
8.
Bagi anak-anak, program yang digunakan adalah
program ____________________________________
·
Tak bisa kubayangkan
Bagaimana kau tinggal di tenda
Tempat tidur seadanya
Makan harus antre
Mandipun antre
Apakah kamu bisa belajar ?
Kawan .......
Semoga Tuhan memberimu kekuatan
Untuk menghadapi semua cobaan
|
9. Puisi di
atas menceritakan tentang _________________________________________________
10. Yang
diharapkan penulis dalam doanya adalah
__________________________________________________
________________________________________________________________________________________
11. Pertanyaan
:
________________________________________________________________________
Jawaban : Falah
melihat ayahnya bermain ompak di pantai.
12.
keras – terkejut – mereka – suara – mudah
–mendengar
Susunan kalimat dari kata-kata acak di atas adalah ________________________________________________
13.
Tilly melihat air laut bergelembung mirip
minyak yang panas di penggorengan. Tilly mengetahui kalau itu adalah salah satu
gejala _______________________________________ .
·
Didi :
“Halo, selamat sore. Bisa bicara dengan Badu ?”
Badu :
“Selamat sore. Iya, aku Badu. Didi, ya?”
Didi : “Iya,
benar. Ini Didi.”
Badu : “Ada
apa, Di?”
Didi :
“Kamu lihat berita banjir di Bale Endah tidak ? Ada temanku yang rumahnya
kebanjiran di sana.”
Badu : “O,
iya, aku melihatnya di televisi. Kasihan sekali temanmu itu.”
Didi :
“Sekarang dia dan teman-temannya sedang kesulitan. Bagaimana kalau kita
mengumpulkan ban-
tuan untuk membantunya ?”
Badu :
“Setuju, Di. Aku bisa mengumpulkan baju-baju layak pakai.”
Didi :
“Aku juga bisa mengumpulkan mi instan. Tini akan membantu mengumpulkan
mainan dan buku.”
Badu :
“Iya. Teman-teman kita lainnya pasti mau membantu juga.”
Didi :
“Kita bicarakan lagi besok do sekolah, ya. Sudah dulu ya, Badu.”
Badu :
“Sampai bertemu besok, Di !”
|
14. Dalam
percakapan di atas, yang dibicarakan tentang korban bencana
________________________________.
15. Bantuan
apa saja yang akan mereka kumpulkan ?
a.____________________________________________________________
b. ___________________________________________________________
c. ___________________________________________________________
16. Kapan Didi dan Badu telepon ? _____________________________________________
17. Siapa yang
menelpon dulu ? _____________________________________
18. Bagaimana
tanggapanmu terhadap rencana Didi dan Badu ?
____________________________________________________________________
19. ada apa di
tanya badu
Tulislah kembali kalimat di atas dengan menambahkan huruf kapital dan
tanda baca yang tepat !
_______________________________________________________________________________
20. Buatlah
kalimat dengan kata bencana !
______________________________________________________________________________________
***** Selamat mengerjakan dan telitilah sebelum
dikumpulkan *****
Komentar
Posting Komentar
boleh memberi masukan