PERJALANAN ADIWIYATA DI SDK SANTA MARIA SURABAYA



adiwiyata
 di sd katolik santa maria surabaya


                        SD Santa Maria telah lama menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan nyaman. Kegiatan itu telah menjadi pembiasaan bagi seluruh warga sekolah, hingga pada tahun 2008 menerima tawaran untuk mengikuti Sekolah Adiwiyata.
                    Walaupun telah menjadi pembiasaan bagi warga sekolah, masih banyak yang perlu dibenahi. Dengan sergap seluruh warga sekolah bergotong royong membenahi bagian-bagian yang masih kurang. Kerindangan dan keindahan sekolah lebih dipercantik. Seluruh warga sekolah lebih ditingkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Setiap Jumat diadakan kegiatan jumat bersih. Berkat kesergapan seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitar, dapat mengantarkan SD Santa Maria menjadi Sekolah Calon Adiwiyata tahun pertama.
                    Motivasi dari instansi terkait meningkatkan semangat warga sekolah untuk memperindah lingkungan dengan maskot Aloevera, semakin bertambah. Kepedulian terhadap lingkungan semakin ditingkatkan dengan mengurangi pemakaian barang-barang yang kurang ramah terhadap lingkungan. Pembiasaan terhadap warga sekolah, terutama siswa lebih ditingkatkan dengan mengingatkan setiap hari. SD Santa Maria merangkak ke tahap Sekolah Calon Adiwiyata tahun kedua.
                    Setiap hari Para Guru tidak bosan mengingatkan siswa untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan, hemat listrik dengan tidak lupa memadamkan lampu dan AC bila tidak dipakai, mematikan air bila sudah penuh, memungut sampah dan memilah sampah basah dan sampah kering. Pengolahan sampah kertas menjadi bahan keterampilan. Kegiatan tersebut  menjadi pembiasaan bagi siswa, dan akhirnya SD Santa Maria menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata.
          Sikap peduli dan berbudaya lingkungan telah merasuki seluruh warga sekolah. Telah menjadi kebiasaan siswa dan seluruh warga sekolah untuk mendaur ulang sampah kertas menjadi barang yang berharga. Pengolahan Aloevera tidak hanya untuk minuman segar, tetapi untuk bahan kebutuhan rumah tangga seperti sabun. Sikap peduli dan berbudaya lingkungan tidak hanya menjadi kebiasaan di SD Santa Maria, tetapi ditularkan kepada 10 sekolah yang berada di wilayah Surabaya. Kegiatan itu mengantarkan SD Santa Maria Surabaya memperoleh predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan SBdP kelas 3 SD KD 3.4 Mengenal prosedur teknik potong, lipat, dan sam bung

DOA BAPA KAMI, SALAM MARIA, KEMULIAAN, TERPUJILAH BAHASA JAWA

Doa Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan, dan Terpujilah dlm Bhs. Mandarin