MATERI UKG SD
MATERI : Sifat benda padat, cair, dan gas
A. Tujuan :
- Siswa dapat mengamati contoh benda yang ada di depannya.
- Siswa dapat mengidentifikasi benda yang telah dibawanya
- Siswa dapat mengelompokkan benda-benda tersebut sebagai benda padat, cair, dan gas
- Siswa dapat mempresentasikan di depan kelas
B.
Kegiatan Pembelajaran IPA
1.
Kegiatan Awal
- Siswa menyiapkan benda-benda yang telah dibawa sesuai dengan tugas dari guru
- Guru menyapa siswa
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
- Guru menjelaskan langkah belajar yang akan dilakukan oleh siswa
2. Kegiatan Inti
- Siswa membaca petunjuk yang ada pada lembar kerja
- Siswa mengamati benda-benda yang telah dibawanya dalam kelompok
- Siswa merumuskan ciri-ciri benda padat, cair, dan gas
- Siswa mengelompokkan benda-benda menurut ciri-cirinya
- Salah satu siswa mempresentasikan di depan kelas
- Guru memberikan pemantapan kepada siswa
3. Kegiatan Akhir
- Siswa menulis hasil kelompok dan pemantapan dari guru, di buku catatan
- Siswa menjawab pertanyaan dari guru untuk mengetahui penguasaan materi
- Guru memberikan tugas untuk hari berikutnya
C. Pendekatan yang dapat dilakukan
:
- Kooperatif
- CTL
- STM
- SETS
D. Evaluasi
Penilaian produk
- Sebutkan ciri-ciri benda padat !
- Sebutkan ciri-ciri benda cair !
- Sebutkan ciri-ciri benda gas !
- Berilah masing-masing 5 contoh benda !
Penilaian proses :
- Kerjasama dalam kelompok
- Ketekunan siswa dalam mengamati benda
Penilaian ilmiah
- Apa persamaan ciri-ciri benda padat, cair, dan gas?
- Bagaimana cara mengelompokkan benda-benda tersebut sesuai dengan ciri-cirinya?
E. Proses fotosintesis pada tumbuhan
:
- Karbondioksida yang ada di udara diserap oleh zat klorofil daun
- Dengan bantuan sinar matahati, klorofil melepaskan dalam wujud oksigen dan amilu
F. Macam-macam pengangkutan pada
tumbuhan :
- Pembuluh kayu yang berfungsi mengangkut garam mineral dan air yang berasal dari Akar
- Kambium , yang berfungsi membesarkan batang dengan cara membentuk pembuluh kayu, ke bagian dalamdan membentuk buluh tapiske bagian luar
- Pembuluh tapis ,yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke daun
G.Fungsi-fungsi kelenjar pada alat pencernaan
- Kelenjar ludah : untuk membantu melarutkan makanan ketika dilumatkan di dalam rongga mulut
- Pepsin : enzim yang mengubah protein menjadi pepton
- Asam Klorida : membasmi kuman yang terbawa makanan
- Renin : enzim yang dapat mengendapkan protein susu ( kasein ) dari air susu
- Lipase lambung : enzim yang bekerja pada zat lemak
- Mucin : getah lambung serupa lendir yang berguna memberikan lendir pada makanan yang dicerna
- Getah pankreas menghasilkan enzim :
- amilase : mengubah zat tepung menjadi gula
- tripsin : mengubah protein menjadi asam amino
- lipase : mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak
- Bronkitis : peradangan pada bronkus
- Pneumonia : peradangan dinding alveolus yang disebabkan oleh bakteri
- Asma : penyempitan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi terhadap kondisi lingkungan
- TBC : disebabkan oleh bakteri Mycrobakterium Tubercolusis
- Laringitis : peradangan pada lacing
- Otot : yang sehari-hari sering disebut daging. terdiri dari sel-sel yang memiliki kemampuan kontraksi (mengkerut) dan relaksasi (mengembang kembali), sehingga timbul suatu gerakan. Otot disebut juga alat gerak aktif.
- Rangka : bagian tubuh yang terdiri dari tulang rawan, tulang keras, dan pengikat sendi. Fungsi rangka : menunjang tubuh, tempat melekatnya otot-otot rangka, dan melindungi bagian tubuh yang lunak. Tulang disebut juga alat gerak pasif.
- Agar tidak terjadi banjir, maka tidak membuang sampah di saluran air ataupun sungai
- Agar terpenuhi kebutuhan oksigen, maka menggalakkan penghijauan
- Agar tidak terjadi longsor, maka tidak melakukan penggundulan hutan
- Untuk mencegah abrasi dengan cara menanam pohoin bakau di pantai atau membentuk hutan mangrove
- Untuk mencegah pemanasan global, maka mengurangi penggunaan CFC, mengurangi penggunaan gas monoksida
AG. Istilah kelistrikan :
Komentar
Posting Komentar
boleh memberi masukan